large image
 
Kategori
INSTITUT
 
Sekilas Info
  • Pengumuman kelulusan SPMB-PTAIN Mandiri 2014 bisa diakses di http://iainmataram.ac.id/pengumumanpsb/
 
Online Support
admin
 
Facebook Like
 
Pesan Singkat
 
Statistik
  Pengunjung hari ini : 32
  Total pengunjung : 251829
  Hits hari ini : 86
  Total Hits : 1981222
  Pengunjung Online : 5

 
Polling

Setujukah dibuatkan forum khusus untuk diskusi?

 YA

 TIDAK

Lihat Hasil Poling

 

External Link

  • Rabu, 11 Juli 2012 - 05:43:23 WIB
    REKTOR MEMBUKA PLPG ANGKATAN PERTAMA TAHUN 2012
    Diposting oleh : Administrator
    Kategori: Sertifikasi Guru - Dibaca: 5368 kali

    Rektor IAIN Mataram Dr.H.Nashuddin,M.Pd membuka Pendidikan dan Latihan Perofesional Guru (PLPG) bagi guru Madrasah dan guru PAI se NTB. PLPG angkatan pertama kuata tahun 2012 ini berlangsung selama 10 hari yaitu dari tanggal 01 sd 10 Juni 2012 bertempat di  MAN 2 Mataram. Yang hadiri pada acara tersebut adalah Pejabat Kanwil Kementerian Agama Prop.NTB, para pejabat dilingkungan IAIN Mataram dan para dosen beserta narasumber. Demikian ungkap ketua Panitia Drs.H.Baehaqi,M.Pd.

                Peserta PLPG untuk guru Madrasah dan guru PAI untuk  kuota 2012 ini lanjut Baehaqi berjumlah 2750 orang, dari sekian banyak peserta tersebut lanjutnya akan di PLPG secara bertahap mulai pada bulan Juni ini sampai dengan Desember 2012. Ditanya mengenai persyaratan peserta yang layak untuk di-PLPG-kan Baehaqi menjelaskan bahwa para peserta terlebih dahulu melakukan Ujian Kompetensi Awal (UKA) oleh Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) rayon 10 IAIN Mataram di masing-masing kabupaten, untk selanjutnya akan dipanggil untuk mengikuti PLPG secara bertahap. PLPG angkatan pertama ini lanjutnya berjumlah 125 orang guru MI terdiri dari kabupaten Lombok Timur 47 orang, Lombok Tengan 69 orang, dan Kota Mataram 9 orang.

    Dalam sambutannya Rektor menjelaskan bahwa kegitan ini berlandasan pada UU no 14/2005: tentang Guru dan Dosen; Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada PAUD, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Profesional menurutnya adalah Pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar atau mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi artinya bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu, dan tidak dapat diserahkan kepada orang yang tidak memiliki keahlian dalam bidang tersebut, artinya bahwa jangan pernah menyerahkan suatu urusan kepada orang yang bukan ahlinya demikian ungkapnya. Lebih jauh Rektor menjelaskan bahwa pada awalnya proses sertifikasi ini adalah Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung (PSPL) minimal S2, selanjutnya memakai pola Portofolio dengan proses awal yaitu pendaftaran secara online, mengikuti tes awal, jika tes awal lulus menyusun berkas portofolio dan mengajukan ke LPTK melalui kemenag, jika tdak lulus tes awal maka menempuh jalur PLPG, dan jika protofolio tidak layak/tidak memenuhi syarat, maka harus melalui PLPG juga. Pada tahun 2011 lanjutnya PLPG melalui tes online ini sudah diberlakukan, tetapi hampir seluruh peserta tidak ada yang melalui pendaftaran dan tes melalui online ini.

    Untuk Sertifikasi tahun 2012 ini adalah merupakan tahun ke enam dari seluruh kegiatan sertifikasi. Sertifikasi melalui PLPG tahun ini harus melalui Uji Kompetensi Awal (UKA). UKA merupakan bagian integeral dari program sertifikasi Guru dalam jabatan, oleh karena itu semua peserta wajib mengikuti UKA. Jika peserta tidak ikut dalam UKA, maka dinyatakan gugur sebagai peserta meskipun telah tercantum dalam SK Dirjen Pendidikan Islam sebagai peserta definitive.

    fungsi UKA menurutnya adalah meningkatkan dan memastikan kesiapan guru dalam mengikuti PLPG, sebagai alat pemetaan kompetensi guru calon peserta PLPG tahun 2012, sebagai prasyarat wajib bagi peserta untuk mengikuti pelaksanaan PLPG Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan, sebagai alat pengendalian keakurasian data peserta yang telah ditetapkan melalui SK Dirjen.

    Pendidikan dan latihan profesinal guru ini menurutnya diselenggarakan selama 90 jam pelajaran termasuk tes tulis, satu jam pelajaran 50 menit. 90 jam pelajaran terbagi kedalam 46 jam teori dan 44 jam praktik. Bertambah banyaknya jam pada ranah teori disebabkan berdasarkan temuan, bahwa masih banyaknya guru-guru lemah pada kemampuan teori, terutama pada kemampuan pedagogik (pada tahun sebelumnya 22 teori dan 68 praktik). Materi pada kurikulum PLPG didasarkan pada PERMENDIKNAS no 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, yaitu : (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Profesional, (3) Kompetensi Kepribadian dan (4) Kompetensi Sosial. 

     



    IAIN MATARAM MEWISUDA SARJANA S1 SEMESTER GANJIL TAHUN 2011
    IAIN MATARAM YUDISIUM CALON WISUDAWAN
    OLIMPIADE IPA BIOLOGI REGIONAL BALI-NUSATENGGARA DI IAIN MATARAM
    STUDIUM GENERAL FAKULTAS TARBIYAH


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)