large image
 
Kategori
INSTITUT
 
Sekilas Info
  • Pengumuman kelulusan SPMB-PTAIN Mandiri 2014 bisa diakses di http://iainmataram.ac.id/pengumumanpsb/
 
Online Support
admin
 
Facebook Like
 
Pesan Singkat
 
Statistik
  Pengunjung hari ini : 333
  Total pengunjung : 209784
  Hits hari ini : 3031
  Total Hits : 1640854
  Pengunjung Online : 4

 
Polling

Setujukah dibuatkan forum khusus untuk diskusi?

 YA

 TIDAK

Lihat Hasil Poling

 

External Link

  • Rabu, 11 Juli 2012 - 05:47:56 WIB
    CALON MAHASISWA BARU MASUK IAIN MATARAM TAHUN 2012
    Diposting oleh : Administrator
    Kategori: INSTITUT - Dibaca: 4943 kali

    MATARAM-Pembantu Rektor I IAIN Mataram Prof.Dr.HM.Taufiq M.Ag selaku koordinator panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) IAIN Mataram tahun 2012 mengungkapkan bahwa pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Mataram tahun ini dilaksanakan dengan melalui tiga jalur yaitu  jalur Online, Mandiri dan jalur Bidikmisi. Jalur Online dimaksud adalah seluruh pelaksanaan mulai dari penerimaan pendaftaran, ujian sampai kepada pengumuman hasil kelulusan dilaksanakan secara onlain, jadi seluruh peserta mulai dari pendaftaran sampai pada pengumuman hasil harus menyelesaikannya lewat akses internet demikian pula jalur Bidikmisi yaitu calon peserta menunjukkan surat rekomendasi dari kepala sekolah kepada pimpinan perguruan tinggi untuk memperoleh pembebasan biaya kuliah bagi peserta yang berpresatasi di sekolahnya dibuktikan dengan nilai Raport di sekolah dan nilai hasil Ujian Nasional (UN) tahun 2012.  Untuk pelaksanaan jalur Mandiri, mulai dari pendaftaran, tes penerimaan dan sampai ke pengumuman hasil dilaksanakan secara mandiri oleh IAIN Mataram.

    Mengenai waktu dan tempat pendaftaran menurut Rahmi selaku Kasubah Akademik  juga sebagai Panitia pelaksana SPMB IAIN Mataram menjelaskan bahwa  pelaksanaan tes masuk jalur SPMB-PTAIN Online dan Bidikmisi pada tanggal 19  Juni 2012 dan hasil kelulusan akan di umumkan pada tanggal 13 Juli 2012 melalui situs Website http://www.spmb-ptain.ac.id atau situs masing-masing PTAIN yang dapat diakses mulai pukul 00.00 WIB. Sedangkan pelaksanaan tes masuk jalur SPMB-Mandiri dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2012  yang berlokasi di 5 tempat  yaitu kampus satu, dua dan kampus tiga (di Lotim) dan ditambah dengan gedung MAN 1 dan MTsN I Mataram. Pengumuman hasil kelulusannya dapat diakses melalui situs Website: www.iainmataram.ac.id . di umumkan pada tanggal 06 Agustus 2012 dan pendaftaran ulang bagi yang telah lulus akan dilaksanakan pada tanggal 07 s/d 14 Agustus 2012 bertempat di Kampus satu IAIN Mataram jalan Pendidikan 35 Mataram Tlpon 0370 621298. demikian penjelasan Rahmi.

     

    Rektor menyampaikan  kebijakan baru kepada para pimpinan pondok pesantren bahwa pada periode ini IAIN Mataram mulai mencari 100 orang calon mahasiswa/mahasiswi bibit unggul yang berprestasi dari pondok-pondok pesantren untuk diberikan beasiswa penuh artinya bebas membayar biaya kuliah dari sejak mendaftar sampai mereka diwisuda, tentunya dengan syarat yang sudah ditetapkan oleh kampus. Selain itu dicari juga 40 orang hafiz dan hafizah yang akan digemleng khusus oleh dosen-dosen IAIN Mataram alumni dari Timur Tengah, demikian menurut Rektor, sehingga animo masyarakat masuk IAIN lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

                mengungkapkan bahwa pendaftar yang masuk IAIN Mataram tahun ini sebanyak 2001 orang, dan  yang akan mengikuti test masuk sebanyak 1994 orang, selebihnya  tidak dapat ikut test karena beberapa hambatan. Peserta yang mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru IAIN Mataram tersebut lanjutnya, menyebar keberbagai jurusan yaitu PAI, PBA, PGMI, Pendidikan IPS, IPA, pendidikan Matematika dari fakultas Tarbiyah. Untuk  Fakultas Syari'ah terdiri dari jurusan MUA, AS dan EI sedangkan Fakultas Dakwah terdiri dari jurusan KPI, MPI dan BKI.

    Calon mahasiswa baru di IAIN Mataram menurut Dr. Muh.Taufik,MA. adalah mereka yang mengikuti dua jalur test yaitu jalur test SPMB Nasional dan jalur SPMB Mandiri. Jalur test SPMB Nasional baik tulis maupun lisan dilaksanakan pada tanggal 07 Juni 2011 sedangkan pendaftaran dan pengumuman kelulusannya dilaksanakan lewat program online dengan jumlah pendaftar sebanyak 732 orang dan yang lulus sebanyak 644 orang, sedangkan test masuk program SPMB Mandiri lanjut Taufik telah dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Juli 2011 dan test lisan pada tanggal 16 juli 2011. Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti test sebanyak 1996 orang dan yang diterima 1126 orang sehingga jumlah total yang mengikuti tes dari dua jalur tersebut sebanyak 2728 orang dan yang diterima sebanya 1818 orang.  Pengumuman lulusnya akan di umumkan lewat koran lombok post pada tanggal 23 juli 2011. Mereka yang telah lulus test tersebut lanjutnya akan mendaftar ulang pada tanggal 25 s/d 30 Juli 2011.

    Test SPMB Mandiri pendaftarannya dibuka selama satu bulan lebih yaitu dimulai pada tanggal 02 Juni s/d 09 Juli 2011 Untuk materi ujian tulis terdiri dari Bahasa Arab, bahasa Inggeris, bahasa Indonesian, Pengetahuan Agama Islam, Pengetahuan Umum, Pendidikan IPA, IPS dan Matematik. Sedangkan materi ujian lisan yaitu kemampuan membaca/menulis al-Qur'an dan materi kode etik/kepribadian.

                Menyinggung masalah Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaa (OPAK) bagi mahasiswa baru IAIN Mataram Suhirman,M.Si selaku pembantu Rektor bidang kemahasiswaan menjelaskan bahwa  pelaksanaan OPAK bagi mahasiswa baru IAIN Mataram rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2011 yaitu Pra Opak dilaksanakan pada tanggal 4, 5 dan 6 Agustus 2011 sedangkan Opaknya akan dilaksanakan tanggal 7, 8, 9  dan 10 Agustus 2011 bertempat di kampus satu IAIN Mataram. Kepanitiaan OPAK lanjut Suhirman adalah gabungan antara pengurus BEM, UKM dan dibantu oleh para Dosen dan Karyawan IAIN Mataram, demikian penjelasan Suhirman. 

     



    MENWA IAIN MATARAM MELAKSANAKAN SEKOLAH STAF
    ENGLISH STUDY CLUB (ESC) IAIN MATARAM MENGADAKAN ENGLISH SPEECH CONTEST PELAJAR SE-NTB
    REKTOR IAIN MATARAM MENGUKUHKAN Prof.Dr.H.M.TAUFIK M.Ag
    IAIN MATARAM MENERIMA KUNJUNGAN TIM IDB JEDDAH
    Festival Qasidah Pelajar SLTA Se-Pulau lombok


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)