large image
 
Kategori
INSTITUT
 
Sekilas Info
  • Pengumuman kelulusan SPMB-PTAIN Mandiri 2013 bisa diakses di http://iainmataram.ac.id/pengumumanpsb/
 
Online Support
admin
 
Facebook Like
 
Pesan Singkat
 
Statistik
  Pengunjung hari ini : 100
  Total pengunjung : 94692
  Hits hari ini : 595
  Total Hits : 715283
  Pengunjung Online : 3

 
Polling

Setujukah dibuatkan forum khusus untuk diskusi?

 YA

 TIDAK

Lihat Hasil Poling

 

External Link

  • Kamis, 21 Maret 2013 - 05:41:01 WIB
    STUDIUM GENERAL PASCA SARJANA IAIN MATARAM
    Diposting oleh : Administrator
    Kategori: PASCASARJANA - Dibaca: 5762 kali

    MATARAM - Studium general Pascasarjana IAIN Mataram yang berlangsung di Auditorium IAIN Mataram dengan Tema "Membangun Pendidikan Tauhidik Perfektif Internalisasi, Interkoneksi dan Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan" dengan Narasumber Prof.Dr.H.Imam Suprayogo, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dipadati peserta.
    Yang hadir dalam acara tersebut Pembantu Rektor Bidang Akademik IAIN Mataram Prof.Dr.HM.Taufik MA, Direktur Pascasarjana Dr.Jamaluddin, Para Dosen Senior, para Ketua Jurusan dan Prodi, para Pejabat dan Seluruh Mahasiswa program pascasarjana IAIN Mataram tahun 2013, dan yang bertindak selaku Moderator Drs.HM.Fahrir Rahman,MA Ketua Program Studi Ahwalus Sakhsyiyyah (AS) Pascasarjana IAIN Mataram.
    Para mahasiswa antusias mendengar paparan H.Imam Suprayogo ketika membahas tentang perlunya membaca, menghafal dan memahami al-Qur'an. Beberapa hari terakhir, saya katanya mendapatkan informasi tentang semakin banyaknya lembaga pendidikan yang memfasilitasi para peserta didiknya untuk menghafal al Qur'an. Para pimpinan lembaga pendidikan itu meyakini bahwa untuk membentuk karakter tidak ada cara lain kecuali mendekatkan peserta didiknya dengan kitab suci itu. Tatkala orang berbicara tentang watak, karakter, atau akhlak maka semestinya yang dijadikan untuk acuan, bagi umat Islam adalah al Qur'an demikian ungkap Guru Besar Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang ini.
    Di beberapa Pesasantren lanjunya tidak kurang dari lima ratusan santri, ketika pagi hari belajar di madrasah atau sekolah, sedangkan pada sore dan malam hari, mereka menghafal al Qur'an. Menurut penuturan para pengasuhnya lanjut Imam bahwa mereka yang belajar di sekolah sambil menghafal al Qur'an pada sore harinya, ternyata prestasinya selalu unggul, artinya, bahwa dua jenis beban yang dijalani oleh para siswa dan santri berhasil dijalani sekaligus demikian ungkapnya. Oleh karena itu harapannya kepada para penyusun konsep pendidikan bahwa hal ini kiranya penting untuk selanjutnya dijadikan dasar dalam membuat model atau rumusan pendidikan yang bisa diimplementasikan bagi umat Islam di negeri ini demikian harapannya.
    Melihat pelaksanaan pendidikan menghafal al Qur'an itu lanjut Ketua Majlis Madrasah Terpadu Kota Malang ini semakin yakin bahwa pendidikan karakter dan atau akhlak yang diinginkan oleh bangsa ini, sebenarnya tidak perlu dicari lagi rumusannya, tetapi cukup dilakukan dengan cara, yaitu mendekatkan para siswa dengan kitab suci agama mereka masing-masing. Bagi anak-anak muslim, maka dekatkanlah mereka itu dengan al Qur'an harapannya. Ketika anak-anak sudah dekat dengan kitab suci, mulailah dari kebiasaan mempelajari, membaca, memahami, dan bahkan mencintainya, maka karakter atau akhlak anak-anak itu akan terbina dengan sendirinya.
    Lebih lanjut Imam menjelaskan bahwa Misi Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW menurutnya pertama ingin menjadikan Islam itu kuat hanya dengan ilmu, oleh karena itu diharapkan untuk selalu membaca dan mengkaji al-Qur'an, kedua ingin menjadikan manusia berkualitas yang ditandai dengan pengetahuan yang tinggi pada dirinya, memiliki ketauhidan, kejujuran, bersih dari makanan dan pakaian yang haram, unggul dan selalu memikirkan nasib sesama, ketiga membangun masyarakat yang adil, keempat memberikan dan melaksanakan tuntunan Rituan keagamaan seperti sholat, haji, zakat, sedekah dll dan yang kelima adalah amal sholeh, amal artinya bekerja secara profesional, yaitu bekerja dengan baik serta ikhlas, Sholeh artinya selalu berbuat yang cocok dan benar, demikian penjelasannya.
    Rektor IAIN Mataram diwakili pembantu Rektor Bidang Akademik Prof.Dr.HM.Taufik,MA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Narasumber yang telah menuangkan waktu ditengah padatnya kesibukan beliau, hingga sempat untuk menjadi Narasumber dalam acara Studium General Mahasiswa Pascasarjana IAIN Mataram dan kegiatan seperti ini lanjut Taufik sudah merupakan tradisi akademik menjelang perkuliahan awal semester. Kepada mahasiswa Pascasarjana yang sempat hadir pada kesempatan ini Taufik berpesan agar ilmu yang diperoleh dari forum yang mulia ini dapat bermanfaat dan termotifasi diri dalam menyelesaikan tugas dan aktifitas di kampus.
    Dr.Jamaluddin selaku Direktur Pascasarjana IAIN Mataram dalam sambutannya mengimformasikan bahwa Program Pascasarjana IAIN Mataram yang baru berusia hampir tiga tahun tepatnya lahir pada 25 Mei 2010 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/279/2010, tanggal 25 Mei 2010 dan peresmian pembukaannya dilakukan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH. M. Zainul Majdi, MA. pada tanggal 21 juni 2010.
    Program Pascasarjana IAIN Mataram lanjut Jamaluddin menyelenggarakan 2 Program studi (Prodi) yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Hukum Keluarga/Ahwal Syakhsiyah (AS). Dari dua prodi tersebut sudah 3 angkatan telah menerima mahasiswa baru dengan jumlah mahasiswa aktif sebanyak 290 orang terdiri dari prodi PAI 215 orang dan AS 75 orang, para mahasiswa tersebut berprofesi sebagai guru, kepala sekolah dan pengawas bagi prodi PAI dan kepala KUA, Penyuluh Agama Islam dan Hakim Agama bagi prodi AS.
    Ditanya mengenai Alumni yang telah dihasilkan dari Program Pascasarjana IAIN Mataram Dr.Baharuddin selaku Wakil Dirktur (Wadir) Pascasarjana IAIN Mataram menjelaskan bahwa, dari 3 angkatan tersebut, 28 orang telah siap Ujian Promosi Magister, 8 orang telah lulus dan 20 orang dalam proses dan akan wisuda pada akhir bulan April 2013 mendatang. Rencana penerimaan mahasiswa baru pada bulan Agustus 2013 mendatang menurut Baharuddin akan menerima 120 orang mahaiswa baru yaitu prodi PAI 80 orang dan prodi AS 40 orang. Sedangkan tenaga pengajarnya adalah para Dosen pakar pendidikan dan hukum dari UIN Jakarta, UIN Malang dan UIN Jokjakarta dan 32 orang Dosen pakar yang ada di interen IAIN Mataram.
    Ditanya mengenai Akreditasi program Pascasarjana IAIN Mataram Wadir menjelaskan bahwa, Akreditasi Pascasarjana IAIN Mataram terakreditasi C dari BAN-PT berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 160/E/AK/2013 tanggal 1 Maret 2013 Prihal Ijin Penyelenggaraan dan Akreditasi Program Studi, dan Izin Perpanjangan Penyelenggaraan dari Dirjen PENDIS KEMENAG RI SK NOMOR 113 TAHUN 2013 tanggal 14 Januari 2013, berlaku selama 5 tahun kedepan sampai dengan tahun 2018 mendatang demikian Baharuddin mengakhiri.

    ijin pasca



    Rektor Membuka Workshop Penguatan Kelembagaan
    Wamenag Keynot Speaker Studium General Mahasiswa IAIN Mataram
    PEMILIHAN DEKAN FAKULTAS DAKWAH IAIN MATARAM
    PENYAMPAIAN VISI MISI CALON DEKAN FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI IAIN MATARAM
    SPMB-PTAIN TAHUN 2013


    223 Komentar :

    Obat Amandel Tradisional
    21 Maret 2013 - 13:07:03 WIB

    Informasinya bagus. Terimakasih
    obat herbal diabetes
    21 Maret 2013 - 16:43:19 WIB

    Makasih atas informasinya sob
    obat herbal kanker prostat
    21 Maret 2013 - 18:47:56 WIB

    Artikel mengenai pentingnya mempelajari alquran ini bagus sekali
    Obat Batu Ginjal
    22 Maret 2013 - 13:53:41 WIB

    artikel yang semua ada di web ini memang yang terbaik deh,,
    obat tradisional jantung koroner
    22 Maret 2013 - 14:01:24 WIB

    nice info. . .
    obat kanker serviks
    22 Maret 2013 - 14:38:32 WIB

    maksih infonya
    Obat Asam Urat
    22 Maret 2013 - 15:04:23 WIB

    web, yang bagus, dan mantab banget, terima kasih
    Obat Alami Amandel
    23 Maret 2013 - 09:08:32 WIB

    Bagus-bagus informasinya. Update terus status terbarunya.
    Chain Roller
    23 Maret 2013 - 10:13:36 WIB

    selamat pagi,,makasih banyak beritanya bermanfaat sekali
    Chain Roller
    23 Maret 2013 - 10:17:57 WIB

    selamat pagi,,makasih banyak beritanya bermanfaat sekali
    << First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 23 | Next > | Last >>

    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)