PENGANTAR

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, dan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor SE/Dj.I/PP.00.9/ 02/2011 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN), pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada seluruh UIN/IAIN/STAIN di Indonesia diselenggarakan secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

Berdasarkan hasil rapat Paguyuban Pimpinan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Malang pada tanggal 15 Oktober 2012, para Rektor UIN/IAIN dan Ketua STAIN di bawah koordinasi Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menyepakati seleksi calon mahasiswa baru secara bersama dalam bentuk Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN). SPMB-PTAIN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SPMB-PTAIN 2013 dilaksanakan melalui (1) jalur prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis. PTAIN menjaring paling sedikit 80% mahasiswa baru pada setiap program studi melalui SPMB-PTAIN dengan rincian 50% melalui jalur prestasi akademik dan 30% melalui jalur ujian tertulis. Dengan demikian, PTAIN menjaring paling banyak 20% mahasiswa baru pada setiap program studi melalui jalur penerimaan mahasiswa baru secara mandiri atau bentuk lain.

Informasi ini menyajikan ketentuan umum SPMB-PTAIN 2013 yang terdiri dari tiga bagian, yaitu: Bagian I (satu) tentang Jalur Prestasi Akademik, Bagian II (dua) tentang Jalur Ujian Tertulis, Bagian III tentang SPMB PTAIN Mandiri IAIN Mataram yang juga terdiri dari dua jalur yaitu Jalur Prestasi dan Jalur Ujian atau Tes.  Informasi yang disajikan meliputi persyaratan, cara pendaftaran, jenis ujian, jadwal, biaya, dan kelompok Program Studi, baik Kelompok IPA maupun IPS, dari 53 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Indonesia.

Informasi ini diterbitkan untuk dipergunakan dan dicermati secara seksama oleh calon peserta yang akan mengikuti SPMB-PTAIN 2013 sehingga calon peserta dapat mempersiapkan diri dalam memilih Program Studi yang dikehendaki dan dapat menjadi panduan awal untuk mengikuti proses seleksi SPMB-PTAIN dengan baik.

Secara rinci informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SPMB-PTAIN dapat diakses di laman (website) resmi http://www.spmb-ptain.ac.id dan www.iainmataram.ac.id

Mudah-mudahan Informasi ini bermanfaat bagi persiapan peserta untuk mengikuti SPMB-PTAIN, baik melalui SPMB PTAIN Nasional maupun melalui SPMB PTAIN Mandiri pada IAIN Mataram.

 

BAGIAN  I

SPMB PTAIN JALUR PRESTASI AKADEMIK

A.     Latar Belakang

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, penerimaan mahasiswa baru di PTAIN melalui SPMB-PTAIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTAIN.

PTAIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’a-dalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTAIN berdasarkan penilaian dan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa PTAIN melalui jalur prestasi akademik.

B.     Tujuan

1.    Mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/ MA/MAK/Pesantren Mu’adalah.

2.    Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah untuk menjadi bagian pelaksana seleksi awal di tingkat sekolah/madrasah.

C.     Ketentuan Umum dan Persyaratan

1.      Ketentuan Umum

a.    Jalur prestasi akademik ialah mekanisme seleksi bersama berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis.

b.    Sekolah/Madrasah yang berhak mengikuti  jalur prestasi akademik adalah semua sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

c.    Sekolah/Madrasah disilahkan mengajukan permohonan kepada Ketua Panitia Pelaksana SPMB-PTAIN 2013 dengan menyertakan profil sekolah/madrasah melalui laman resmi: http://www.spmb-ptain.ac.id.

d.    Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing.

2.      Persyaratan Siswa Pelamar

a.    Pendaftaran

1)   Siswa SMA/SMK/MA/MAK/ Pesan-tren Mu’adalah kelas terakhir (kelas XII) yang akan mengikuti ujian nasional (UN) pada tahun 2013.

2)   Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah/Madrasah, yaitu: masuk dalam peringkat terbaik di sekolah/madrasah yang sama pada semester 3, 4, dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi, dengan rincian sebagai berikut:

a)   Akreditasi A : 25% terbaik dan konsisten di semester 3,4, dan 5

b)   Akreditasi B: 20% terbaik dan konsisten di semester 3,4, dan 5

c)   Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3,4, dan 5

Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, Bahasa, atau Agama berdasarkan nilai mata pelajaran yang relevan dengan jurusan masing-masing.

3)   Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.

4)   Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelan-caran proses pembelajaran di PTAIN.

5)   Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

b.    Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan (SMA/ SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara), lulus seleksi jalur prestasi akademik SPMB-PTAIN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTAIN penerima.

D.     Pendaftaran dan Tata Cara Pendaftaran

1.    Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://www.spmb-ptain.ac.id.

2.    Tatacara pengisian borang pendaftaran Jalur Prestasi Akademik dapat diunduh (download) dari laman http://www.spmb-ptain.ac.id.

E.     Jadwal Seleksi

1.     Pendaftaran Jalur Prestasi Akademik :

13 Februari – 21 Maret 2013

2.     Seleksi Jalur Prestasi Akademik:                     

22 Maret – 21 Mei 2013

3.     Pengumuman Jalur Prestasi Akademik:           

31 Mei 2013

4.     Pendaftaran Ulang yang diterima:                    2526 Juni 2013

F.      Program Studi dan Jumlah Pilihan

1.     Siswa pelamar memilih 2 (dua) PTAIN yang diminati.

2.     Siswa pelamar memilih 3 (tiga) program studi yang diminati pada masing-masing PTAIN.

3.     Urutan pilihan PTAIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

4.     Daftar program studi dan daya tampung SPMB-PTAIN Jalur Prestasi Akademik tahun 2013 dapat dilihat pada laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id  pada periode waktu pendaftaran.

5.     Ketentuan lebih lanjut mengenai prosedur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SPMB-PTAIN Jalur Prestasi Akademik diatur dan ditetapkan oleh PTAIN yang dipilih siswa pelamar. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTAIN di laman PTAIN yang dipilih.

G.    Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SPMB-PTAIN Jalur Prestasi Akademik Tahun 2013 ditanggung oleh pemerintah. Dengan demikian, sekolah/madrasah yang memberi rekomendasi dan siswa pelamar tidak dikenakan biaya pendaftaran.

H.    Mekanisme Seleksi

Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap:

1.     Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTAIN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTAIN pilihan pertama.

2.     Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTAIN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTAIN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTAIN pilihan kedua.

I.       Laman  Resmi dan Alamat Panitia

1.     Informasi resmi mengenai SPMB-PTAIN dapat diakses melalui laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id.

2.     Alamat Panitia Pelaksana SPMB-PTAIN 2013: Sekretariat SPMB-PTAIN, Gedung Information Center Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jl. Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp/Faks. (0341) 570887; e-mail: info@spmb-ptain.ac.id.

J.      Lain-lain

Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SPMB-PTAIN Jalur Prestasi Akademik Tahun 2013 akan diinformasikan melalui laman resmi SPMB-PTAIN http://www.spmb-ptain.ac.id dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Prosedur Operasional Standar SPMB-PTAIN Tahun 2013.

 

BAGIAN II

SPMB PTAIN JALUR UJIAN TERTULIS

A.     Latar Belakang

Jalur Ujian Tertulis merupakan salah satu jalur SPMB-PTAIN yang diharapkan mampu memprediksi keberhasilan calon mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu di PTAIN. Ujian tertulis SPMB-PTAIN menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Disamping itu, soal ujian SPMB-PTAIN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi tes potensi akademik, tes bidang studi dasar, tes wawasan keislaman, tes bidang studi IPA, dan tes bidang studi IPS.

B.     Tujuan

1.    Menjaring calon mahasiswa yang diprediksi berhasil menyelesaikan studi di PTAIN sesuai dengan bidang pilihannya tepat waktu.

2.    Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu program studi di PTAIN tanpa harus memperhatikan kesamaan lokasi antara calon peserta dan PTAIN yang dipilih (lintas wilayah).

C.     Ketentuan Umum dan Persyaratan

1.    Ketentuan Umum

Jalur ujian tertulis adalah mekanisme seleksi masuk UIN/IAIN/STAIN melalui ujian tertulis yang dilakukan serentak. Lokasi pelaksanaan SPMB-PTAIN berjumlah 53 tempat sesuai dengan jumlah UIN/IAIN/ STAIN di Indonesia. Penjelasan tentang seluk-beluk Panitia Lokal pada masing-masing PTAIN dapat dilihat pada laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id.

2.    Persyaratan

a.    Pendaftaran

1)   Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/ MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/ Pesantren Mu’adalah atau yang setara dan lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/ madrasah.

2)   Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran.

3)   Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

b.    Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan, lulus seleksi jalur ujian tertulis SPMB-PTAIN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTAIN penerima.

D.     Pendaftaran dan Tata Cara Pendaftaran

1.    Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://www.spmb-ptain.ac.id.

2.    Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dapat diunduh (download) dari laman http://www.spmb-ptain.ac.id.

3.    Pendaftaran online

dimulai tanggal 6 Mei 15 Juni 2013. 

E.     Jenis Ujian

1.    Ujian Tertulis dengan materi:

a.    Tes Potensi Akademik

b.    Tes Bidang Studi Prediktif:

1)    Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Ilmu Alamiah Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar.

2)    Tes Wawasan Keislaman: mata ujian al-Qurán-al-Hadits,Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah-Akhlak, dan Fiqh  

3)    Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

4)    Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

F.      Jadwal Ujian

Selasa, 25 Juni 2013

:

Tes Potensi Akademik

 

 

Tes Bidang Studi Dasar

 

 

Tes Wawasan Keislaman

Rabu, 26 Juni 2013

:

Tes Bidang Studi IPA

 

 

Tes Bidang Studi IPS

G.    Penilaian Hasil Ujian

Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:

Jawaban BENAR

:

+ 4

Jawaban SALAH

:

-  1

Tidak Menjawab

:

  0

Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

H.    Kelompok Ujian

Kelompok ujian tertulis SPMB-PTAIN terbagi menjadi 3 (tiga):

1.     Kelompok Ujian IPA

2.     Kelompok Ujian IPS

3.     Kelompok Ujian IPC

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok Ujian IPA, IPS, atau IPC tidak harus sesuai dengan jurusan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah yang bersangkutan.

I.       Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

1.     Program Studi yang ada di PTAIN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi kelompok IPA dan IPS.

2.     Setiap peserta kelompok ujian IPA atau IPS dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti.

3.     Setiap peserta kelompok ujian IPC dapat memilih maksimal 3 (tiga) program studi dengan catatan minimal satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS.

4.     Urutan dalam pemilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan.

5.     Peserta ujian yang memilih hanya 1 (satu) program studi boleh memilih program studi dari PTAIN di wilayah mana saja.

6.     Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTAIN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTAIN di luar wilayahnya.

7.     Daftar program studi dan daya tampung tahun 2013 dapat dilihat di laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id.

J.      Biaya Ujian Tertulis

1.     Peserta kelompok IPA atau IPS membayar biaya ujian tertulis sebesar Rp.150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta.

2.     Peserta kelompok IPC membayar biaya ujian tertulis sebesar Rp.175.000,00 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta.

3.     Biaya ujian dibayarkan ke Bank Mandiri. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

K.    Pengumuman Hasil Ujian

Hasil ujian diumumkan di laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id yang dapat diakses pada hari Sabtu, 20 Juli 2013.

L.     Laman  Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana

1.     Informasi resmi mengenai SPMB-PTAIN 2013 dapat diakses melalui laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id.

3.     Alamat Panitia Pelaksana SPMB-PTAIN 2013: Sekretariat SPMB-PTAIN, Gedung Information Center Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jl. Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp/Faks. (0341) 570887; e-mail: info@spmb-ptain.ac.id.

M.   Lain-lain

Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SPMB-PTAIN Jalur Ujian Tertulis Tahun 2013 akan diinformasikan melalui laman resmi SPMB-PTAIN http://www.spmb-ptain.ac.id dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Prosedur Operasional Standar SPMB-PTAIN Tahun 2013.

 

Bagian III

SPMB PTAIN MANDIRI IAIN MATARAM

A.     Fakultas dan Jurusan/Program Studi

1.    Fakultas Tarbiyah

bertujuan menghasilkan sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah swt., menguasai agama Islam dan ilmu pengetahuan serta memiliki keahlian dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Terdiri dari Jurusan/Program Studi:

a.    Pendidikan Agama Islam (PAI): bertujuan menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang beriman dan bertaqwa, memiliki kemampuan akademik,  profesional, dan kompeten dalam bidang pendidikan agama Islam, serta mampu menggali dan memecahkan  problem-problem pendidikan agama Islam melalui penelitian

b.    Pendidikan Bahasa Arab (PBA): bertujuan menghasilkan sarjana profesional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan Bahasa Arab, serta gemar dan aktif dalam mendengar, berbicara, membaca, dan menulis bahasa Arab.

c.    Pendidikan Matematika: bertujuan menghasilkan sarjana profesional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan Matematika, mampu menyusun buku-buku teks mata pelajaran Matematika, serta gemar, dan aktif dalam membaca, mendengar, menulis dan berbicara mengenai pengetahuan matematika.

d.    Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA-Biologi) bertujuan menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang beriman dan bertaqwa, memiliki kemampuan akademik,  profesional, dan kompeten dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA-Biologi) berbasis keislaman dan kemaha-siswaan, serta mampu menggali dan memecahkan  problem-problem Penge-tahuan Alam (IPA-Biologi) berbasis keislaman dan kemahasiswaan melalui penelitian.

e.    Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial (IPS-Ekonomi): bertujuan mengha-silkan tenaga pendidik yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai guru mata pelajaran Ekonomi dan ilmu pengetahun sosial, tenaga non kependidikan di bidang dunia usaha (entrepreneur muslim) yang kreatif dan inovatif, peneliti yang berkualitas dalam bidang penelitian ilmu penge-tahuan sosial-ekonomi, dan calon-calon ilmuan yang memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2

f.     Pendidikan Guru MI/SD: bertujuan menghasilkan sarjana muslim yang bertaqwa dan berakhlak mulia, memiliki kemampuan akademik dan profesional, menguasai IPTEK untuk pengembangan pendidikan dasar, serta tenaga ahli bidang guru kelas secara profesional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

 

2.    Fakultas Syari’ah bertujuan mengha-silkan  sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Aallah swt., memiliki keahlian di bidang hukum Islam dan ekonomi Islam, mampu mengembangkan menerapkan hukum Islam dan ekonomi  Islam, serta menghasilkan ahli dan praktisi hukum Islam dan ekonomi Islam yang menghargai nilai-nilai kemanu-siaan. Terdiri dari Jurusan/Program Studi:

a.    Ahwal al-Syakhshiyah (AS) / Hukum Keluarga: bertujuan menghasilkan sarjana hukum Islam yang bertaqwa dan memiliki keahlian di bidang hukum keluarga Islam dan menjadi praktisi yang mampu menerapkan dan mengembangkan hukum keluarga Islam yang menghargai nilai-nilai kemanusiaan.

b.    Muamalah (MUA) / Hukum Bisnis Islam: bertujuan menghasilkan sarjana hukum Islam yang bertaqwa dan memiliki keahlian di bidang hukum bisnis Islam dan menjadi praktisi yang mampu menerapkan dan mengem-bangkan hukum bisnis Islam yang menghargai nilai-nilai kemanusiaan.

c.    Ekomomi Islam (EI): bertujuan menghasilkan sarjana hukum Islam yang bertaqwa dan profesional dalam bidang ekonomi Islam, khususnya  manajemen perbankan syari’ah dan manajemen keuangan syari’ah, serta mampu menjadi penentu kebijakan ekonomi yang sesuai dengan kaidah-kaidah Islam.

 

3.    Fakultas Dakwah bertujaun membentuk sarjana sosial Islam yang bertaqwa kepada Allah swt., ahli dan menguasai seluk beluk Komunikasi Penyiaran Islam dan Pengem-bangan Masyarakat Islam. Terdiri dari Jurusan/Program Studi:

a.      Komumiksi dan Penyiaran Islam (KPI): bertujuan menghasilkan sarjana yang berakhlak mulia, ahli dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam, cakap dalam mengkomuni-kasikan nilai-nilai ajaran Islam dalam konteks kemodernan, dan terampil dalam memanfaatkan media-media komunikasi modern sebagai sarana dakwah Islam.

b.    Pengembangan Masyarakat Islam (PMI): bertujuan menghasilkan sarjana yang berakhlak mulia, ahli dalam bidang sosial kemasyarakatan dan siap menjadi peneliti dan praktisi di bidang pengembangan masyarakat Islam.

c.    Bimbingan Konseling Islam (BKI): bertujuan menghasilkan sarjana yang berakhlak mulia, ahli dalam bidang konseling Islam. berpeluang mengem-bangkan profesi dalam berbagai bidang seperti pendidikan, psikologi, dan bimbingan karir.

 

4.    Program Pascasarjana

IAIN Mataram memiliki Pascasarjana yang menyelenggarakan Program Magister (S2) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Program Magister (S2) Hukum Keluarga (Ahwal al-Syakhshiyah/ AS), berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/279/2010 tanggal 25 Mei 2010. Diresmikan tanggal 21 Juni 2010 oleh Gubernur NTB (DR.TGH.M.Zainul  Majdi, MA.). Program tersebut bertujuan mengha-silkan Magister yang memiliki integritas kepribadian dan professional di bidang Hukum Islam dan Pendidikan Agama Islam, sehingga mampu berperan sebagai pengem-bang Hukum Islam, Ilmu Pendidikan Islam dan Praktisi pada institusi-institusi sosial keagamaan, kependidikan maupun peradilan.

B.   Jalur Tes SPMB PTAIN Mandiri pada IAIN Mataram dapat diikuti oleh mereka yang:

1.    Lulus dari satuan pendidikan MA/SMA/ SMK/MAK/Diniyah Ulya (Mu’adalah)/ Pendidikan Kesetaraan Paket C tahun  2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2012 dan 2011 harus memiliki ijazah satuan pendidikan bersangkutan dan lulusan 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/ Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersang-kutan dan dibubuhi cap sekolah /madrasah.

2.    Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran pada IAIN Mataram.

 

C.  Jalur Prestasi SPMB PTAIN Mandiri pada IAIN Mataram dapat diikuti oleh mereka yang berprestasi selama studi di MA/SMA/SMK/MAK serta memiliki semangat tinggi dalam memilih IAIN sebagai tempat studi dengan persyaratan:

1.      Berprestasi, dibuktikan dengan piagam/ sertifikat penghargaan yang dilegalisir oleh kepala madrasah/sekolah dan/atau ranking 1-3 dengan nilai tidak boleh dibawah 7.

2.      Keterangan ranking  dari Kepala Madrasah/ Sekolah dengan melampirkan foto copy Raport yang telah dilegalisir (dengan nilai stabil sesuai point satu, semester III, IV, V).  

 

D.  Tata Cara Pendaftaran SPMB Mandiri:

1.    Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 175.000 ke Bank BTN. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat diitarik kembali.

2.    Mengisi formulir pendaftaran (disediakan panitia) dengan melampirkan bukti pembayaran dari Bank.

3.    Pas photo berwarna terbaru ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar.

4.    Foto copy Ijasah/STTB yang telah dilegalisir oleh kepala madrasah/sekolah.

5.    Khusus bagi peserta jalur prestasi, harus melampirkan bukti prestasi berupa piagam/sertifikat penghargaan dan/atau keterangan ranking dengan melampirkan foto copy Raport yang telah dilegalisir.

6.    Berkas persyaratan dimaksud diisi pada map biasa (Fakultas Tarbiyah warna hijau, Fakultas Syari’ah warna biru, dan Fakultas Dakwah warna kuning).

E.   Tempat dan Waktu SPMB PTAIN Mandiri IAIN Mataram

1.    Pendaftaran dibuka mulai tanggal:

 25 Juni s/d 25 Juli 2013

2.    Tempat Pendaftaran dan Ujian Masuk:

IAIN Mataram Kampus 1

Jl. Pendidikan No. 35 Mataram 83125

Telp. (0370) 621298, 625337, 634490 Fax. (0370) 625337

Website: www.iainmataram.ac.id

Setiap Hari Kerja (08.00 - 13.00 WITA).

F.   Pelaksanaan Tes (Jalur Tes) dan Seleksi Adminsitrasi (Jalur Prestasi) tanggal 29-30 Juli 2013 dengan jadwal sbb:

1.    Selasa 29 Juli 2013

 

 

08.00-10.00

Tes  Kompetensi Bahasa dan Bidang Studi Dasar (Arab, Inggris, Indonesia, Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Budaya Dasar)

10.00-10.30

 Istirahat

 

10.30-12.30

Tes Wawasan Keislamsn (al-Qur`an,  al-Hadits, dan Sejarah Kebudayaan Islam)

12.30-13.00

Istirahat

 

 

13.00-15.00

Tes Pengetahuan Dasar IPA (Matematika, Biologi, Kimia, Fisika)

Tes Pengetahuan Dasar IPS (Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi)

 

2.    Rabu, 30 Juli 2013

 

08.00-12.00

1.    Kemampuan Membaca dan  

      Menulis  al-Qur’an

2.    Kode Etik dan Kepribadian

 

G.  Pengumuman Hasil SPMB-PTAIN Mandiri pada tanggal 5 Agustus 2013 dapat  diakses melalui Website: www.iainmataram.ac.id

 

H.  Daftar Ulang

tanggal 12 s/d 24 Agustus 2013